Sabtu, 04 Februari 2012

SEMUA ADA WAKTUNYA

Gw bukan orang yang bisa menulis, apalagi curhat, tapi gw akan coba cerita dan berbagi beberapa kejadian  yang gw ingat sekali lagi di tegaskan hanya yang gw ingat yang sangat mempengaruhi hidup gw selama ini terkait Persija & The Jakmania.


Gw anak perempuan satu-satunya dari tiga bersaudara, banyak aturan-aturan dirumah seperti anak perempuan pada umumnya, gak boleh ini, gak boleh itu, takut baginilah, takut begitulah.. bla..bla..bla… namun pada dasarnya dari kecil gw memang anak rumahan, paling males yg namanya keluar rumah. Sampai akhirnya gw kenal sama yang namanya Persija, mungkin nyokap gw saat itu menganggap anak perempuannya berubah jadi monster. Hampir setiap jadwal pertandingan semenjak pukul 7 pagi baju Persija sudah berantakan keluar dari lemari pakaian padahal kick off masih 8 jam lagi, dan tidak semudah yang kalian pikirkan saudara-saudara untuk gw keluar rumah nonton Liga Indonesia yg sudah sangat tertanam di otak seluruh masyarakat negeri ini klo Sepak Bola kita itu rusuh. Putar otak kesana kesini, spak spik iblis pura-pura baik sama nyokap, dia kecolongan gw ngacir dan kembali pulang kerumah berubah kembali menjadi peri yang cantik, baik hati, duduk manis dan di sayang-sayang (baca di garuk pke garpu) berulang kali terus, terus, terus, dan teruuss begitu.

Kejadian yg masih buat gw nyengir klo diingat sampe hari ini adalah, ketika tour tandang ke Semarang PSIS vs Persija, izin anak manis ini adalah ke Puncak, Jawa Barat. Waktunya pertandingan… ciyeeeehhh gw muncul di TV *tega bener dah oom cameraman* terkuaklah akal busuk wanita ini, jangan dibayangkan apa yg terjadi dirumah, mungkin anda tau ….
Tour Jogja, disinilah awal permulaan gw merasa kuat, gw gak manja, gw bisa, dan gw tau Dunia itu kejam… setelah puasa gak jajan dan malak sana-sini cuma buat nonton bola, sisanya Rp.15.000 itupun sudah berikut ongkos ke Stn. Senen, plus ditipu tukang Becak Malioboro,  apa ?.. jangan Tanya nyokap gw, dia gak tau anaknya ada dimana… entah bagaimana caranya gw bisa bertahan hidup sampai hari terakhir di Stn. Lempuyangan lapar, ‘gak ada uang, lengkap sudah. Namun ada seorang kawan sesama The Jakmania dia bilang baru mampir kerumah neneknya dan dibawakan bekal, yg paling luar biasa ditawarkan pula ke gw ….. ‘gak nolaaakkk, gw panggil 3 kawan laki-laki yang senasib, ya laki-laki, karena perempuan masih bisa dihitung 5 jari.  itu nasi bungkus paling nikmat pertama kali selama gw hidup yg pernah gw makan. Tibalah dirumah… entah malaikat mana yang ngasih tau nyokap tentang kepergian gw ke Jogja, mama say dengan muka yang pura-pura melas “Kenapa gak bilang, bukan apa-apa, kamu kan belum mama kasih uang, coba klo kamu bilang mama pasti tambahin jajannya”… beuuuuhhhh Tipuuu… gw tau nyokap bohong cuma berdalih dibalik uang jajan, andai dari awal dia tau jangankan ditambahin yang ada gw dipasung.

Berfikir….berfikir.. terus berfikir bagaimana caranya dapet SK bebas nonton bola, spik-spik iblis merayu sudah, gak minta uang saat pertandingan sudah, pura-pura rajin dirumah juga sudah. Akhirnyaaaaa… “maaahh, ikut ke lebak bulus yuk, nntn Persija” … tak disangka tak diduga “ayo” \:d/.. sekali dua kali biasa aja, kesekian kali nntn Persija di Lebak Bulus… jiaaaahh masuk kantor polisi ikut terlibat tersangka tawuran 4 angkot dan 1 metromini di margonda raya… kebetulan hari itu nyokaplah yang paling tua, dan wajib menyerahkan KTP ke polres depok sebagai jaminan anak-anak The Jak. (sekedar pemberitahuan, Adik laki-laki gw yang duduk di TK A pun ikut masuk polsek  *adik yang pintar ) … tidak lama Abang gw yang paling ganteng sekebon kelapa sawit datang bersama kawannya untuk mengurus kita. Sumpah gw gak dimarahin, gw gak dilarang lagi nntn bola, tengah malam rumah gw penuh tawa , denger cerita kita semua ke Bokap. Ditambah kelucuan adik gw yg kecil ikut cerita tentang yg dia alami tadi si Abang ini begini, abang yg ini begitu … sekarang dia udah STM, sumpah gak lucu lagi, cuuiihhh…  dan tengah malam itu pula sopir angkot datang kerumah minta ganti rugi karena kap mobilnya rusak dinaikin anak-anak :P … :ngacir: pura-pura tidur…

Itulah sedikiiiiiiit cerita yang pernah gw alami, buat gw pribadi Persija adalah jembatan yang mempertemukan gw dengan  para The Jakmania , cerita kehidupan nyata yg gw lihat pada mereka dari berbagai profesi juga menambah pembelajaran hidup menatap dunia. Dulu gw sama seperti kalian *yang ngerasa* , banyak hal-hal yang  ditinggalkan demi Persija termasuk sidang skripsi, tapi gw berfikir, jika Persija adalah seseorang yang gw sayang, pasti dia gak mau gw jadi orang gagal. Atas keyakinan dalam hati, gw tulus mencintai Persija tapi gw gak boleh meninggalkan kewajiban sebagai mahkluk sosial, gw butuh pendidikan, gw butuh pekerjaan, dan masih banyak yang gw butuhkan untuk bekal hidup .

Sampailah saatnya gw paling malas membicarakan laki-laki (- -‘) baiklah, Dalam memilih laki-laki gw sangat selektif itupun semua karena The Jakmania dan didukung dengan kampus gw Universitas Bung Karno, tempatnya para laki-laki veteran STM bermental tawuran bernaung. Berkawan dengan ribuan laki-laki yang keras, bernyali besar, sering berada di tengah-tengah konflik tawuran membuat gw tau betul apa isi kepala mereka itulah salah satu yang membuat gw memandang laki-laki diluar sana “lemah” ketika mereka sok manis, sering mengeluh, dan banyak bergaya dengan harta orang tuanya. Terlepas lagi ketika gw bertemu Shanaz, perempuan berkebangsaan Colombia saat perjalanan dari Vietnam menuju Siamp Reap (salah satu kota di Kamboja) … ya, 14 jam gw ngobrol dr duduk, tiduran, sampe jungkir balik di bus dan salah satu obrolan shanaz yg cukup menarik adalah “Klo lo mau lihat sejauh mana seorang laki-laki bertanggung jawab dan pantas dijadikan suami, lo harus ajak dia pergi  jauh dari rumah dimana gak ada orang yg kalian kenal minimal 1 bulan berdua”  dan saat yg sama dia memang sedang melakukan misi terhadap pacarnya. Ucapan shanaz sekaligus contoh di depan mata “lo liat kan, masukin tas ke bagasi aja harus gw, beli tiket bus, mengatur perjalanan gw juga, Cuma gw suruh jagain tas aja, malah dia titip sm lo,  dia cuma foto-foto, tapi nilai plusnya ketika gw habis akal dialah yang berusaha menyelesaikan masalah
Mengingat Budaya kita tercinta ini, jangankan 1 bulan, 1 haripun pulang pagi sama laki… WOW…  apa kata tetangga. Namun kembali lagi saudara-saudara, karena otak gw punya –sesuatu- yg diasah oleh para The Jakmania entah apalah itu, gw akan coba caranya Shanaz yg brilian, ini masa depan gw, yg jalanin gw, yg ngerasain gw, demi mengetahui sifat asli dan cara menanggulanginya serta demi mendapatkan ayah yang luar biasa untuk anak-anak gw ehemm…   Hidup Shanaz, doa’in semoga emak gw yg tersayang gak nyambit  asbak.
Ini memang belum waktunya, namun Sejak 1 tahun lalu gw sudah mulai befikir akan karier, dan menikah, bukan Cuma sekedar menikah, namun menabung mempersiapkan pondasi dasar untuk pendidikan dan kesehatan anak-anak gw kelak mulai dari sekarang. Persija semangat hidup gw, The Jakmania lebih dari itu walaupun sekarang banyak bermunculan komunitas dan berbagai konflik, buat gw The Jakmania tetap The Jakmania yang telah mengajarkan gw banyak hal, yang membuat gw memiliki pemikiran nyeleneh dan realistis, yang membuat gw menjadi berani, dan membuat gw masih bisa tertawa ditengah-tengah tawuran sampai disambit batu dari luar kereta.

….dan waktunya akan datang.

Adik-adikku tersayang jangan salah kaprah ya, tetap sekolah/kuliah… jangan keseringan bolos Persija bilang dia sayang sama kalian …. Biar bisa kerja punya uang banyak dan nonton Persija naek Pesawat …

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Powered by Blogger